Tips dan Trik masuk CMBBS dengan MUDAH



Pada tulisan saya kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips dan trik gimana caranya masuk SMA Favorite dengan mudah (khususnya buat masuk ke CMBBS).
Sebenernya gak ada trik khusus sih, cuma tulisan ini sesuai aja dengan pengalaman saya tahun lalu. Jujur, selama ini saya gak pernah mikirin gimana caranya daftar sekolah, karena selama ini saya hanya tinggal masuk (semua di permudah) dan diurus sama umi saya..... makanya saya cukup kaget ketika saya harus nyari SMA yang bagus, murah, dan yang pastinya dapat membantu saya dalam mendapatkan Universitas yang ingin saya pilih nantinya (tentunya univ yg favorite).
Dan akhirnya umi saya dapat rujukan dari orangtua muridnya (umi saya berprofesi sebagai guru ya...) yaitu sekolah pemerintah yang sistemnya Boarding dan islami sehingga umi saya gak terlalu khawatir dangan akhlaq ataupun tingkah laku yang bakal saya terima/terjadi.
Ya..... CMBBS (Cahaya Madani Banten Boarding School) inilah yang menjadi pilihannya. Dari yang gak tau apa-apa tentang SMA apapun jadi lebih tau sedikit dikit. Saya sih ikut-ikut aja kemauan dari orang tua dan berusaha ngejalaninnya dengan sekuat yang bisa saya lakukan (terima tapi harus siap dengan risiko yang akan terjadi).

Aduh, jadi malah curhat begini ya.... Back to the point, sekarang waktunya kita selusuri gimana caranya jadi siswa CMBBS, alias cara gimana lolos seleksi masuk CMBBS dengan mudah dan gampang banget.... (dengan izin Allah tentunya)

1.    Pertama, yang pastinya kalian harus daftar dulu ke CMBBS. Tenang aja kok, sekarang CMBBS udah pake pendaftaran dengan sistem online, jadi kalian gak perlu repot-repot datang ke Pandeglang buat daftar doang (biasanya pendaftaran akan dibuka kisaran bulan februari atau maret), kalian hanya perlu buka web resmi CMBBS http://ppdbsmancmbbs.sch.id/ lalu kalian tinggal mengisi semua daftar ataupun kolom yang udah di sediakan (pantengin terus aja web resmi & official account cmbbs ya...).

2.  Nah nanti di web tersebut akan ada step-stepnya, kalian tinggal ngikutin aja. Dan jangan lupa ngirimin fotocopy raport semester 1-5 SMP, sama sertifikat2 yang pernah kamu punya (apa aja boleh, waktu itu saya juga ngirimin sertifikat lomba berenang, bahasa inggris, dan lain sebagainya) nah sertifikat itu (sepertinya) juga akan menjadi pertimbangan sang selektor. Pokoknya disitu kalian hanya harus ngelengkapin segala dokumen2 yang ada, jangan sampai ada yang kurang ya....

3.   Habis itu nanti berkas2 yang kalian kasih bakal di seleksi sama panitia. Klo udah dan masuk, kalian bisa lakuin daftar ulang, sekalian liat2 CMBBS (langsung datang). Nah pas daftar ulang ini kalian bisa beli buku latihan2 soal. Dulu dalam 1 paket itu terdapat berbagai macam benda, sepeti papan jalan, tas,  pensil, penghapus, rautan, pulpen (pokoknya alat tulis), dan yang pasti buku latihan soalnya. Klo menurut saya, kalian hanya tinggal ngerjain bukunya dan dipahami konsep2 soalnya. Karena sesungguhnya (berdasarkan pengalaman saya) soal yang nanti diberikan gak jauh beda dari buku tersebut. Bahkan pas tahun saya daftar soal MTK konsepnya sama semua, cuma angkanya yang diganti-ganti atau di tuker2 yang diketahuinya.

4. Kalian gak perlu takut ataupun cemas terhadap soal2 yang nanti bakal dikasih, GAMPANGkok. SAYA PERCAYA KALIAN PASTI BISA..... (kerjakan saja soalnya dengan tenang dan positive thinking bahwa kalian pasti bisa. "Hasil akan sesuai dengan usaha" Inget ya..)

5.   Untuk sistem penilaian tes akademik itu.... Ketika tahun saya menggunakan sistem point, jadi klo BENAR dapat point +2, klo SALAH pointnya   -1, dan jika TIDAK DIJAWAB pointnya 0. (klo tips dari saya mendingan kalian kerjain yang kalian bener2 yakin bisa dulu, klo ada yang gak yakin “antara yang ini dengan yang itu” kalian yakin aja, dan jawab aja, karena sesungguhnya kalian bisa dapet point 2 klo bener “hoki-hokian si sebenernya”). Jangan lupa minta restu & izin dulu pada orangtua kalian, karena itu berpengaruh besar pada kelancaran tes yang akan kalian jalani nantinya.

6. Jika kalian beruntung & sukses, kalian bisa lanjut ke tahap berikutnya. Nah pengumuman tes akademik, kalau pas jaman saya waktu itu nanti di urutin dari siapa aja yang dapet point paling tinggi sampe yang terendah, dan fun fact aja pada tahun saya seleksi yang lolos tes akademik dibatasi hanya sampai 300 orang dari total 1.300 orang pendaftar.

7. Selanjutnya, kalian akan menghadapi yang namanya tes Psikotes, Wawancara, Keagamaan, dan juga tes kesehatan (kalau pas tahun saya ini dalam 1 waktu, hari yang sama).

8.  Untuk tips Tes PSIKOTES dari saya kalian tinggal cari soal2 psikotes diinternet, setidaknya biar punya bayangan nanti bakal dihadepin dengan soal yang kaya gimana. (klo zamannya saya sih, munurut saya cukup mudah dan memang melatih kesabaran, ketelitian, seperti nanti ada gambar pilih yang beda/sama, nentuin angka selanjutnya dari data yang diberikan “pakai baris dan deret bilangan”, pengetahuan2 umum, ngelanjutin gambar dari garis2 yang diberikan (kalian bisa cari di internet untuk soal2nya, dan itu persis banget sama yang nanti keluar), terus waktu itu juga saya disuru buat pohon (saran dari yang saya baca, bikinlah pohon lengkap –batang, akar, daun, buah harus ada- dan kasih nama pohonnya dengan pohon MANGGA), saya juga disuru buat orang yang lagi ngelakuin sesuatu dan disuru juga kasih nama (saran dari yang saya baca lagi, kalian gambar orang sesuai dengan jenis kelamin kalian –klo kamu perempuan gambar perempuan, klo kamu laki2 gambarlah laki2- trus kasih nama dengan nama kalian itu ngebuktiin bahwa kalian PD pada diri kalian sendiri) Intinya kalian sok asik aja, mau gambar kalian bagus atau jelek sama aja yang penting kepercaya dirian kalian.

9.  TES KEAGAMAAN, pada tes ini kalian bakalan ditanyain tata cara sholat, wudhu, dan seputar dasar2 keagamaan (seperti disuruh sebutkan Asmaul husna, nama malaikat & tugas2nya, rukun iman, rukun islam + penjelasannya. Ya pokoknya gitudeh, klo menurutku gak terlalu susah kok). Kita juga ditanyain hafalan kita udah sampe mana (jujur aja walaupun baru dikit dan itu gak lancar2 amat gakpapa kok daripada gak jujur, trus kalian gak bisa jawab itu ngurangin point loh.. *kayaknya) dan yang terakhir kalian disuru nulisin ayat (jadi nanti pengujinya baca suatu surat trus kalian disuruh nulisin kayak gimana ayatnya (saran saya tulis aja sebisa kalian, jangan tampilin muka bersalah, PD aja).

10. TES WAWANCARA, buat tes ini kalian cuma bakal ditanyain yakin atau ngak mau sekolah disini, masuk sini dipaksa orangtua atau kemauan sendiri, kesan pertama kalian ngeliat sekolah ini, tau darimana CMBBS, biodata lengkap kalian, cara belajar kalian gimana (lebih suka sendiri atau bareng2), mau masuk IPA / IPS? + alasanya apa, dan yang paling saya bingung jawabnya (waktu itu) adalah pas ditanya udah daftar selain disini blum? Trus saya jawab "udah di INCEN (Insan Cenrdikia Serpong)", ditanya lagi "seandainya kamu diterima di INCEN dan di CMBBS kamu milih mana?" Dan saya jawab dengan ragu2 "saya lebih memilih INCEN dari pada CMBBS, dan saya kasih alasan atas jawaban saya yaitu saya bilang karena INCEN lebih deket dari rumah, sehingga mudahin saya klo ingin pulang ke rumah" (saran saya klo kalian ditanya kayak gitu kalian harus jujur jawabnya dan kasih alasan yang rasional buat mempertegas pernyataan kalian, dan kalian harus jawab dengan yakin ya... jangan seperti saya, waktu itu saya ditanya mau IPA/IPS trus saya bilang maunya IPA, ditanya lagi emang cita2 kamu apa?, saya jawab mau jadi pengusaha, trus bapaknya bilang klo gitu kamu masuk IPS aja.... saya sanggah kan, saya kurang bisa menghafal dengan cepat makanya saya milih IPA, pokoknya disitu saya berdebat aja dengan pengujinya sampai saya capek dan akhirnya saya bilang “yasudah saya mah berjalan seperti air aja pak” sambil tangannya meliuk2 kaya apaan tau... #jangan ditiru ya...)

11. Tes KESEHATAN, pada tes ini kalian bakal di tes kesehatan kalian, mulai dari kesehatan fisik, jasmani, urin, dll. Ini dibuat supaya anak CMBBS tidak ada yang mengidap narkoba ataupun berbagai macam obat-obatan terlarang lainnya. (klo pas jaman saya pertama cek kesehatan biasa –meliputi telinga, kaki, tangan pokoknya tes kesehatan biasa deh- ditanyain juga olahraga seminggu berapa kali? Dan berupa apa olahraganya?, trus ada tes ronsen, tes darah –diambil darahnya dikit trus diperiksa/ditelusuri lagi- klo pas waktu itu tangan saya nyampe biru satu setengah mingguan karena diambil darahnya, mungkin karena sebelumnya saya gak pernah ambil darah jadinya sekalinya ngambil darah langsung biru-, tes urin juga ada -kita di suruh pipis dan airnya itu ditaru di sebuah wadah-. Gak lupa juga pemeriksaan mata –apakah mata kita minus atau tidak, buta warna atau tidak- mungkin cuma segitu doang, saya mulai jam 7 selesai jam 9 – 10an, antrinya itu udah termasuk cepet karena antrinya banyak buanget, bayangin 300 orang dihari yang sama) perhatian : ketika tahun saya tes kesehatan dilakukan di puskesmas deket CMBBS dan dipungut biaya, hasil pemeriksaan bisa diambil ketika pengumuman hasilnya.

Udah selesai deh rangkaian seleksinya, bagi siwa/siswi yang terpilih, marilah kita ucapkan ALHAMDULILLAH dan bersyukur kepada Allah, dan bagi yang blum terpilih mungkin Allah merencanakan sesuatu yang lebih baik lagi (ada sesuatu di balik semua ini). Karena sesungguhnya Allah tidak akan memberikan suatu cobaan dikala hambanya tidak bisa menyelesaikannya, pasti ada jalan lain yang lebih baik dari ini kok, mungkin ketika engkau memaksakan masuk malah merasa tidak nyaman atau hal yang lainnya, untuk itu syukiri apa yang ada, terus semangat, dan selalu berdo'a demi kebaikan kamu dan orang-orang disekitarmu.

SAYA PERCAYA KALIAN PASTI BISA




#Moga2 bermanfaat
Makasih udah mau baca...
*Pengalaman PPDB 2014

Komentar

  1. Soal soal tesnya itu pake bahasa inggris ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gak salah sih, soalnya itu bilingual, jadi ada yang pake bahasa inggris dan ada juga yang pake bahasa indonesia...

      Hapus
  2. Soal soal tesnya itu pake bahasa inggris ga ka?

    BalasHapus
  3. Min,mau tanya. Kalau biaya masuk cmmbs sekarang berapa ya? Dan kalau daftar sekarang sekarang ini bisa tdk ya? Skrg saya kelas 3 SMP dan bertekad untuk masuk SMAN CMBBS. kebetulan kakak saya alumni CMBBS angkatan pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya mau jelasin dulu, klo sebenarnya CMBBS ini adalah sekolah Negri bukan swasta, jadi semuanya bakalan di biayain sama pemerintah, mulai dari tempat tinggalnya (asramanya) sampai dengan makan kita (3hari sekali) semua di bayarin sama pemerintah. Klo ga salah yang perlu di bayar itu : Toefl, Infak Masjid, dan klo jaman saya bayar seragam juga (tapi buat tahun di bawah saya seragam gak bayar, malahan mereka dikasih sepatu gratis).
      Kalau untuk pendaftaran, untuk tahun ini mungkin pendaftaran di mulai sekitar bulan februari, untuk info lebih jelasnya kamu bisa liat blok resmi CMBBS http://smancmbbs.sch.id/
      Memangnya kamu sekolah di mana? rencananya sekitar akhir bulan januari ini kami (siswa SMAN CMBBS) akan mengadakan promosi, yaitu berkunjung ke SMP sederajat dan memberi tau mengenai segala hal tentang CMBBS termasuk juga langkah-langkah pendaftaran murid baru. Mungkin sekolah kamu akan kami kunjungi juga (biasanya jika kamu punya kakak kelas yang ada di CMBBS, sekolah kamu bakalan kami kunjungi).
      Terimakasih sudah komen, klo kurang jelas kamu bisa tanya2 lagi di sini. :)

      Hapus
    2. biaya pendaftaran nya jadi gratis atau bayar ka? saya siswa smpn 2 tangerang juga kelas 9

      Hapus
    3. Untuk pendaftaran pada tahap awal atau administrasi free. Namun biasanya ketika sudah pada tahap tes kesehatan akan dikenai biaya (biaya ini untuk oprasional rumah sakit/puskesmas, dimana nanti kita akan di cek mulai dari mata, darah, sampai tes urin dan rontgen).

      Hapus
  4. Saya sekolah di SMPN 2 TANGERANG. ada kakak kelas saya skrg kelas X namanya muhammad dzikri . Promosiin aja ka sy mau masuk sanaa

    BalasHapus
  5. Saya sekolah di SMPN 2 TANGERANG. ada kakak kelas saya skrg kelas X namanya muhammad dzikri . Promosiin aja ka sy mau masuk sanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. oalah... Dzikri. Ya, mungkin nanti insyaallah kita akan mengunjungi sekolah mu... Tunggu kami ya... :)

      Hapus
  6. Minta contact ka nada aja wkwk. Pin bb atau id line ada ka? Mau tanya lbh lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kamu mau tanya lebih lanjut kamu bisa kontak saya lewat line dengan id sesuai dengan nama blok ini (tanpa spasi dan tanpa huruf besar) selamat mencoba... :)

      Hapus
    2. oh iya boleh ajaa...
      btw, bisa hubugi aku lewat line yaa... dengan id nama lengkap ku tanpa spasi dan tanpa huruf besar :)

      Hapus
  7. Kalo bisa kunjungan ke SMP2 nya jgn kelamaan ka.. Kalo bisa tgl 19/20 januari aja ka,makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bias seperti itu, sudah sistem dari sekolahnya menetapkan jadwal promosi yaitu pada akhir bulan januari ini, sabar.. sabar.. memang kenapa harus 19/20 januari?

      Hapus
  8. kak mau tanya kalo daftar tanpa sertifikat bisa gak kak dan contoh sertifikat nya seperti apa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, daftar tanpa sertifikat. Mungkin kaya sertifikat lomba2, sertifikat B.Inggris. Sebenernya apa aja sih, terserah kamu mau ngirim sertifikat apa aja, mau di terima atau tidaknya itu urusan nanti...

      Hapus
  9. kaa mau nanya dong, kalo ekstrakulikuler disana ada apa aja ya? kalo pramuka pasti wajib kan?
    sekedar curhat aja, waktu liburan uas kemarin, aku main ke cmbbs tapi sepi, eh ternyata emang murid muridnya lagi pada pulang hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ekstrakulikuler di SMAN CMBBS banyak banget, mulai dari Karate, Pencak silat, PMR, Paskib, Marcing Band, ESA, 4 Pilar kebangsaan, Adiwiyata, Basket, Footsal, Tradisional Art (angklung, choir, rampak beduk, saman, madaris), Hispacada, Riscada, cinematografi, robotik, dll. Klo pramuka wajib buat anak kelas 1 dan kelas 2.
      Oalah.... memang pas tanggal berapa?? biasanya sih anak CM perpulangan setiap akhir bulan jadi pas perpulangan sepi deh...
      gimana menurutmu CM setelah kamu liat langsung??

      Hapus
  10. kak konvensi nilai raport yg diisi skala 0-4 atau 0-100 ,dua-duanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo tahun saya sih skala 100, coba dulu aja deh...

      Hapus
  11. Ka nadaaa kalau hari sabtu atau minggu itu CM sepi apa rame gak ya ka? Emang kalo si dzikri ikut ekskul apa dia ka? Saya sih ikut masuk footsal pastinya hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama tak jumpa lagi ka di LINE... wkwkw

      Hapus
    2. tergantung, biasanya klo sabtu ada acara public sport, public cleaning, sama pramuka. jadi biasanya sampe zuhur masih rame. klo abis zuhur pada eskul atau pada keluar.
      klo minggu paginya (abis shubuh) biasanya ada kelas bahasa, seterusnya bebas mau ngapain. biasanya anak CM pada istirahat, tapi ga tau juga klo yg ikhwan gimana.
      kurang tau juga ya, dzkikri ikut eskul apa, yg saya tau dia itu jadi pengiring instrumen madaris. klo footsal kayaknya semua ikhwan ikut2 aja deh... (ga tau juga)

      Hapus
  12. kak apa kita harus beli buku latihan soal soal saat daftar ulang di cmbbs .kira2 harganya berapa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga harus sih, itumah bebas mau beli atau ngak. klo dua tehun kemarinsih sekitar 100rb an. itu udah dapet 1 paket, buku latihan soal, pensil, penghapus, papan jalan, tas jinjing, rautan (alat tulis), dll

      Hapus
  13. hmm lupa tanggalnya, sekitar desember sih kesananya...bagus bagus luas banget ternyataaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu setelah bagi rapot deh jadi pada pulang. sudah keliling-keliling kah kamu?

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum
    Kak saya mau tanya, saya mau masuk ke cmbbs tapi nilai saya ada yang kuarang, gmn itu kak?
    Trus saya mau tanya tentang
    Sertifikat itu fotocopynya apa yang sertifikatnya langsung aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam..
      coba masukin dulu aja (di coba dulu), masalah di terima atau ngaknya gampang, yang penting kamu daftar dulu.
      Klo buat sertifikat kirimin sekalian lewat pos aja (fotocopynya), sekalian sama persyaratan2 yang lainnya...

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum
    Kak, apakah dari Serpong ke CMBBS bisa naik kereta api?terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja (malah anak CM yg dari tangsel klo perpulangan pada naik kereta). klo mau ke CM kamu bisa naik kereta trus turun di rangkas bitung. dari rangkas naik angkot 3 kali...

      Hapus
  16. Assalamualaikum.. kakak, maaf..kalau rapotnya tidak dilegalisir dan semua berkas sudah dikirim.. menurut kakak, apakah hal itu dapat mempengaruhi penerimaan siswa atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam... yaudah, udah terlanjur di kirim ini, untuk masalah diterima atau ngaknya serahkan saja sama Allah SWT. Bismillah aja...

      Hapus
  17. assalamu'alaikum ka mau tany kalo validasi rapotnya lulus itu maksudnya apa kita lolos ke tahap selanjutanya apa gman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam.. mungkin itu artinya semua berkas yg harus kamu ajuin udah lengkap. kalau untuk pengumuman peserta tesnya nati tanggal 12 maret

      Hapus
  18. Assalamu'alaikum. Kak, maksudnya pendaftaran ulang tes akademi itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam.. pendataran ulang tes akademik itu maksudnya nanti pas tanggal tersebut kamu harus ke CMBBS buat ngambil kartu peserta dan ngelengkapin data yg ada. Bisanya pas pengumuman yg masuk tes akademik bakalan di bilangin deh, apa aja yg harus di lakukan..

      Hapus
  19. Assalamualakum :) kak saya pengen tanya :D
    Untuk materi tes akademik biasanya mencakup mata pelajaran apa saja,? :D
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam.. Klo tidak salah sih, tes akademik itu mencakup MTK, IPA (biologi, fisika, kimia), B.Inggris, dan IPS...

      Hapus
  20. Assalamualakum :) kak saya pengen tanya :D
    Untuk materi tes akademik biasanya mencakup mata pelajaran apa saja,? :D
    Terima kasih

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum,ka mau tanya bener nggak sih cmbbs itu murah?soalnya saya kasian ke mamah saya yg cuman sendiri kalau biayanya itu mahal ☺
    Makasih sebelumnya ka,saya harap kk ngejawabnya dengan rinci ya ka ��

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum,ka mau tanya bener nggak sih cmbbs itu murah?soalnya saya kasian ke mamah saya yg cuman sendiri kalau biayanya itu mahal ☺
    Makasih sebelumnya ka,saya harap kk ngejawabnya dengan rinci ya ka ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. CMBBS itu sekolah dirian dari provinsi banten yang sistemnya negri dari pemerintah. Jadi di sini ga ada biaya SPP, ekskul, makan, dan asrama, semua udah di bayarin sama pemerintah... jadi insyaallah sekolah di sini ga akan ngebebanin para siswanya..

      Hapus
    2. Ohh gitu makasih teh atas infonya 😊

      Hapus
    3. Ohh gitu makasih teh atas infonya 😊

      Hapus
  24. Assalamu'alaikum,ka mau tanya bener nggak sih cmbbs itu murah?soalnya saya kasian ke mamah saya yg cuman sendiri kalau biayanya itu mahal ☺
    Makasih sebelumnya ka,saya harap kk ngejawabnya dengan rinci ya ka ��

    BalasHapus
  25. mau nanya dong ka,tes wawancaranya biasanya pake bahasa indonesia,bahasa inggris apa bahasa arab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tes wawancara terserah kamu mau pake bahasa apa jawabnya, yang penting jelas..

      Hapus
    2. berarti itu tergantung kita mau jawab pake bahasa apa aja dan bukan tergantung pengujinyakan kak?

      Hapus
    3. yups, untuk tes wawancara sebenernya mudah aja siih.. kamu tinggal jawab pertanyaan2 yang di lontarkan dengan yakin dan benar. In syaa Allah akan mudah kookk...

      Hapus
  26. Boleh tanya. Kalo agamanya non muslim bisa ga. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba aja dulu, masalah di terima atau ngaknya urusan belakangan, yang penting udah nyoba..

      Hapus
    2. Kalo non muslim tes keagamaannya pake agama masing2 ga

      Hapus
  27. Assalamu'alaikum, kak kalo di cmbbs itu kegiatan dimalam hari itu ngapain?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam... klo malam biasanya nanti ada gathring2 kegiatan2 gitu, atau nanti ada kegiatan tahfidz (tiap malam senin) dan tausiah (malam selasa), untuk dihari2 lain kamu bisa manfaatin dengan belajar, baca2 buku, ngobrol sama temen, tidur, main, dll. Pokoknya seru deh...

      Hapus
  28. Assalamualaikum, kak saya sudah add line kakak. Di sana saya udah ada banyak pertanyaan, tapi kok belum dijawab ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam... oh iya, sudah saya liat. Maaf baru bisa bales, soalnya baru bisa buka medsos.. maaf banget ya.. klo ada pertanyaan2 lain tinggal tanya aja, mohon maaf sebelumnya... :)

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk tahap tes yang kedua ini, sertifikat sudah tidak terlalu di lihat, yang dilihat tinggal hasil tes kesehatan, psikotes, sama hasil wawancaranya... sertifikat2 itu biasanya buat di tahap pertama. biasanya klo punya sertifikat (apalagi yang sampai nasional) itu bisa langsung lolos ke tahap berikutnya... klo untuk yg kedua kurang tau deh masih jadi bahan pertimbangan atau ngak...

      Hapus
  31. kak mau nanya , pengumuman tes akhir itu biasanya jam berapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah keluar kok hasilnya... kamu bisa liat langsung di web SMAN BMBBS http://www.smancmbbs.sch.id/index.php/en/component/content/article/1-latest-news/288-pengumuman-kelulusan-akhir-ppdb-2016 trus gimana hasilnya?

      Hapus
  32. Kak, bisa gak kalau kita kirim sertifikat di bidang kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok, apa sertifikat apa aja. karena sebenarnya sertifikat cuma sekedar tambahan, yang paling dilihat itu hasil tes2nya nanti...

      Hapus
    2. Apakah CMBBS prioritas utk putra/i wilayah Banten saja?? Kebetulan putri sy skrg SMP disalah satu pesantren di daerah banten dan ingin melanjutkan SMA di tmpt lain dengan suasana baru.

      Hapus
  33. Maaf mau tanya, apakah CMBBS itu prioritas utk putra putri banten saja kah?? Bagaimana jika putra putri dr luar banten. Kebetulan anak sy skrg SMP di salah satu pesantren di banten, dan SMA ingin melanjutkan di tmpt lain dgn suasan baru. Kami berasal dr kota Karawang. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya untuk putra/i di luar baten juga diperbolehkan, asalkan ktp salah satu orangtua berdomisili di banten. mungkin untuk syarat2 yang lebih lengkap bisa dilihat di website CMBBSnya sendiri.

      Hapus
  34. Kakak, soal tesnya mudah ngga ?

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum kak.Kalo pindah sekolah dari CMBBS itu kena biaya ya?Kalo emang bener biayanya berapa?
    Disana boleh bawa alat elektronik ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam... iya benar, klo kita pindah dar CMBBS kita di kenakan biaya, biayanya tergantung berapa lama kita sudah tinggal di cmbbs (ya, itung2 uang makan dan hidup selama di cmbbs).
      Untuk membawa peralatan elektronik sekarang sudah tidak diperbolehkan, kecuali sudah mendapatkan izin baik dari pihak sekolah maupun pada bagian keasramaan.

      Hapus
  36. assalamu'alaikum kak, misalnya materi untuk tes akademi adalah MTK, IPA, inggris, IPS. nah misalnya saya gak lolos di salah satu mata pelajaran tersebut, namun pelajaran lainnya lolos, itu bagaimana? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam... Untuk penilaian pada tes akademik itu tidak di hitung satu persatu, namun di rekap menjadi satu kasatuan (nilai seluruh mata pelajaran di gabung), sehingga nanti hasil akhirnya di ranking dari yang terbesar hingga terkecil. Nah, yang lolos ke tahap berikutnya itu adalah yang masuk kuota tertinggi dari nilai tes akademik itu....


      (mungkin klo masih kurang jelas bisa hubungi saya via line)

      Hapus
  37. Assalamualaikum
    mau tanya kalau pendaftaran siswa/i baru 2017/2018 kapan ya ka?
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam... Untuk waktu fixnya saya kurang tau, tapi biasanya pendaftaran kisaran bulan februari atau maret. Unktuk pastinya kamu bisa cek di web resmi CMBBS....
      www.smancmbbs.sch.id

      Hapus
  38. Ka kalo pendaftaran untuk th 2017/2018 kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih kisaran bulan februari atau maret, tapi untuk waktu pastinya aku kurang tau... Klo untuk pastinya bisa di cek di web resmi CMBBS....

      Hapus
  39. Hai Assalamualaikum Nada :) anak cm angkatan berapa? :) Salam kenal. Saya Khaulah, CM06 :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam... Hallo ukhti.... Aku alumni baru nih ti... hehehe... aku CM angkatan 10 (DECENNIUM).... salam kenal juga thi... :)

      Mohon di koreksi ya ti klo tulsan saya ini banyak yang salah....

      Hapus
  40. ka waktu jaman kaka harga satu paket soal2 cmbbs berapa kata kaka kelas saya mahal harganya trus masalah ambil darah emang banyak diambilnya atau dicetrik dikit jarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu jaman aku, paket soal harganya 100rb (itu udah termasuk papan jalan, pendil, penghapus, rautan -alat tulis-). Oh iya, sekedar informasi nih, di hari2 terakhir daftar ulang biasanya paket soal udah limit... makanya usahakan daftar ulang di awal2 biar dapet paket soalnya...
      buat ambil darah, biasa aja kok, ga banyak2 amat.... ya, kaya ngambil darah pada cek kesehatan pada umumnya.... :)

      Hapus
  41. Klo yang mata nya minus jadi ngga bisa masuk situ dong kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, tenang aja.... bahkan temenku aja ada yang minusnya nyampe minus 5... mungkin di tes kesehatan kali ini cuma akan menyeleksi anak2 yg memiliki penyakit berat saja... (tapi kurang tau juga untuk pastinya gimana. intinya mata minus ga apa2 kok)

      Hapus
  42. Ka,alhamdulilah aku sdh ke terima tes akademik.aku mau nanya,kalo seandaikan(aamiin) aku ketetima sampe tahap akhir kalo gangambil dendanya brp ya?kalo boleh tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah... gimana tahap akhirnya??
      semasa kamu blum mengikuti kbm tidak dikenakan denda kok... insyaallah...
      hehe :)

      Hapus
  43. Ka,alhamdulilah aku sdh ke terima tes akademik.aku mau nanya,kalo seandaikan(aamiin) aku ketetima sampe tahap akhir kalo gangambil dendanya brp ya?kalo boleh tau.

    BalasHapus
  44. Kak, kalo matanha minus boleh tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di jawab di komen sebelumnya ya....
      boleh kok, untuk mata minus di perbolehkan...

      Hapus
  45. kira" di CM biayanya berapa ya...? thx

    BalasHapus
  46. kira" di CM biayanya berapa ya...? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ini sekolah provinsi, untuk biaya (spp/uang pangkal) di cm tdk ada. Biaya di sini cuma seragam dan buku2 penunjang pelajaran

      Hapus
  47. Kak Nada, CMBBS hanya khusus warga Banten apa boleh dari luar banten ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ku, karena ini sekolah provinsi banten jadi di khususkan untuk anak2 banten.
      Tapi seandainya kamu mau coba, daftar dulu aja siapa tau bisa dapet...

      Hapus
  48. kak, kalau ada nilai raport yang sedikit kurang dengan persyaratan gimana? masih bisa masuk ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nilai rapot, nanti akan di seleksi dari pihak cmbbsnya langsung. Untuk metode penilaiannya aku agak lupa antara dilihat permata pelajaran atau rata2 keseluruhan. Klo menurutku sih kamu coba dulu aja siapa tau metode penilaiannya berubah.. Hehe
      Semangat.. 😊

      Hapus
  49. Kalo barang barang yang harus dibawa sama barang barang yang dilarang dibawa apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk barang2 kebuthan yang dibawa biasanya akan diberikan listnya pada pendaftaran ulang tahap terakhir. barang2nya ga sulit kok (barang biasa), dan itu sebagai sarana penunjang proses belajar dan hidup kamu selama nanti di CMBBS.
      Untuk barang2 yg ga boleh dibawa itu seperti barang2 elektronik (HP, Laptop*), narkoba, benda tajam, dsb

      *jika dengan izin diperbolehkan

      Hapus
  50. Ka mau nanya nih kalo kita udh ngelengkapi semua berkas dan daftr online pun udh di konfirmasi trs ada email masuk kata pihak cmbbs nya itu pendaftaran sudah di terima trs saya udh dapet nomor peserta apakah itu udh lulus tahap satu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan ada pengumumannya tersendiri.. di tunggu saja yaa...
      klo untuk yang tahun 2018 pengumuman akan di adakan pada tanggal 3 Maret nanti. So, stay tuned yaa... hehe

      Hapus
  51. Kaka saya juga punya sodara namanya najla dia ikut eskul apa yah??

    BalasHapus
  52. kak, saya sudah masuk, terima kasih atas tipsnya, sangat berguna

    BalasHapus
  53. Kak di CM kelasnya gabung putra putri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget gabung (tapi tetap menjaga 'hijab' yaa)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesibukan anak SMAN CMBBS saat menghadapi SDC 2014